Pemeriksaan hematokrit metode manual

Prinsip pemeriksaan hematokrit cara manual yaitu darah yang mengandung antikoagulan disentrifuse dan total sel darah merah dapat dinyatakan sebagai persen atau pecahan desimal (Simmons A, 1989). Penetapan nilai hematokrit cara manual dapat dilakukan dengan metode makrohematokrit atau metode mikrohetokrit. Sebagian besar mesin ini sebenarnya tidak secara langsung mengukur hematokrit, melainkan menghitungnya berdasarkan penentuan jumlah hemoglobin dan volume ratarata sel darah merah.

hematokrit juga dapat ditentukan dengan metode manual dengan menggunakan mesin pemisah. Setelah membaca makalah ini diharapakan mahasiswa tingkat 1 dapat memahami cara pemeriksaan hematokrit dan nilai hematokrit serta pengaruh nilai hematokrit terhadap kesehatan.

b. Tujuan khusus. Metode pengukuran hematokrit secara manual dikenal ada 2, yaitu metode makrohematokrit dan b. Berdasarkan reprodusibilitas dan sederhananya, pemeriksaan ini paling dapat dipercaya di antara pemeriksaan yang lainnya, yaitu kadar hemoglobin dan hitung eritrosit.

Dapat dipergunakan sebagai tes penyaring sederhana terhadap anemia. Metode pengukuran hematokrit secara manual dikenal ada 2, yaitu: 1.

Metode makrohematokrit Metode pengukuran hematokrit secara manual dikenal ada 2 yaitu metode mikro hematokrit dan makro hematokrit. 1.lamanya sentrifuge juga berpengaruh terhadap pemeriksaan hematokrit. Sumbersumber kesalahan dalam pemeriksaan hematokrit: 1.

Sentrifuge yang tidak benar. 2. Lupa mengocok sampel. 3. Dec 07, 2011 PROSEDUR PEMERIKSAAN HEMATOKRIT Metode Pemeriksaan. mikrohematokrit kapiler; makrohematokrit wintrobe; MIKROHEMATOKRIT. Penggunaan tabung hematokrit yang kapasitas dan diameternya lebih kecil dari tabung wintrobe sangat tepat untuk cara pemeriksaan rutin dalam klinik. Disamping itu tabung tersebut dapat dipergunakan untuk Untuk pemeriksaan hematokrit darah tidak boleh dibiarkan menggumpal sehingga harus diberi antikoagulan.

Setelah tabung tersebut diputar dengan kecepatan dan waktu tertentu, maka eritrosit akan mengendap (Sadikin, M. 2002). Metode pengukuran hematokrit secara manual dikenal ada 2, yaitu: Prinsip pemeriksaan hematokrit cara manual (metode mikro) adalah darah vena dengan menggunakan antikoagulan, kemudian dimasukkan ke dalam tabung kapiler yang salah satu ujungnya ditutup dengan bahan khusus (malam) dan dipusingkan dengan kecepatan tertentu sehingga terjadi pemadatan sel Prinsip pemeriksaan hematokrit cara manual yaitu darah yang mengandung antikoagulan disentrifuse dan total sel darah merah dapat dinyatakan sebagai persen atau pecahan desimal.

Penetapan nilai hematokrit cara manual dapat dilakukan dengan metode makrohematokrit atau metode mikrohetokrit. Pemeriksaan hematokrit metode makro bahan yang digunakan adalah darah vena. Pemeriksaan hematokrit metode mikro dapat Cara Manual Hematokrit Cara Analyzer II. 6. Hipotesa Ada perbedaan nilai hematokrit metode mikrohematokrit dengan automatik analyzer. Dec 20, 2017 Tugas Hematologi I" Pemeriksaan Hitung Jumlah Sel Eritosit Metode Manual dengan Alat Hemasitometer Nama: Novia Azahra Fatoni Kelas: 2A D3 Analis Kesehatan Nov 30, 2009 Nilai hematokrit atau PCV dapat ditetapkan secara automatik menggunakan hematology analyzer atau secara manual.

Metode pengukuran hematokrit secara manual dikenal ada 2, yaitu: Metode makrohematokrit Metode pengukuran hematokrit secara manual dikenal ada 2, yaitu metode makrohematokrit dan Terdapat dua metode yang digunakan dalam pemeriksaan hitung leukosit, yaitu cara automatik menggunakan mesin penghitung sel darah (hematology analyzer) Pemeriksaan hematokrit merupakan salah satu pemeriksaan darah khusus yang sering dikerjakan di laboratorium berguna untuk membantu diagnosa berbagai penyakit diantaranya Demam Berdarah Dengue (DBD), anemia, polisitemia.

Metode pengukuran hematokrit secara manual dikenal ada 2, yaitu: 1.



Phone: (101) 614-5650 x 4063

Email: [email protected]